Translate

Pengikut

Rabu, 23 November 2016

Apa sih pentingya ikut organisasi?



SMA Negeri 3 Boyolali memilliki berbagai jenis Organisasi seperti OSIS,Paskibra,PMR,DA,dsb. Banyak juga siswa yang mengikuti organisasi tersebut, bahkan beberapa siswa tidak hanya mengikuti satu bahkan oragnisasi melainkan ada yang mengikuti 2 organisasi sekaligus,tetapi kebanyakan siswa masih belum paham benar alasan mengapa harus ikut dalam organisasi. Oleh karena itu saya akan memberitahu mengapa penting bagi kita untuk ikut berorganisasi. Pertama saya akan menjelaskan apa sih organisasi itu. Organisasi adalah tempat atau wadah yang berisi sekumpulan orang yang saling bertukar pikiran,berpendapat,berkreasi melakukan inovasi demi tercapainya tujuan bersama. Dalam kegiatan berorganisasi nantinya kita akan mendapatkan pengalaman berbeda yang tentunya bermanfaat.Mungkin banyak orang berpikir organisasi dapat menyita waktu kita belajar, pernyataan itu sih tidak sepenuhnya salah tapi juga tidak sepenuhnya benar. Karena itu semua tergantung gimana kita menyikapinya dan agar tidak menyita waktu belajar, kita harus pandai membagi waktu antara berorganisasi dengan belajar sehingga natinya tidak membuat nilai kita menjadi menurun.
Selain itu ada juga manfaat ikut berorganisasi lainnya seperti:
  Memastikan kelancaran fungsi sekolah.
  Menghindari penyalahgunaan pemanfaatan sumber daya sekolah dengan memastikan penggunaan yang optimal dan bijaksana.
  Untuk membantu mengembangkan kemampuan personil sekolah sesuai dengan bidang keahlian dan pengalaman mereka.
  Dapat menghemat waktu, meningkatkan kejelasan dan efisiensi kerja. Hal ini dikarenakan adanya kejelasan tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan personil sekolah.
  Membantu untuk mencapai tujuan dan sasaran sekolah secara lancar.
  Menciptakan citra profesional sekolah.
  Membangun hubungan antara personil sekolah sehingga membantu meningkatkan rasa saling percaya dan saling ketergantungan yang diperlukan untuk membangun semangat tim personil sekolah.
  Dengan mengikuti organisasi sekolah, seorang siswa akan lebih memiliki kemampuan dalam menyelesaikan suatu masalah. Siswa yang terbiasa mengikuti organisasi akan memiliki kecenderungan tidak shock ketika mendapatkan / menghadapi suatu masalah. Ia dapat menanggapi setiap masalah dengan lebih tenang.

Tidak ada komentar: